Segera Masuk PTN Melalui Jalur SBMPTN 2-20 Juni 2020

unri.ac.id Ditengah situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda, penyelenggarakan proses penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 akan tetap dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga penyelenggara SBMPTN-UTBK, menyampaikan jadwal pendaftaran SBMPTN-UTBK ini telah dibuka sejak pada tanggal 2-20 Juni 2020. Selanjutnya untuk pelaksanaan UTBK dilakukan pada tanggal 5-12 Juli 2020, dan pengumuman hasil ujian akan disampaikan pada tanggal 25 Juli 2020.

Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Unri Prof Dr M Nur Mustafa MPd, menyampaikan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari LTMPT, dalam pelaksanaan UTBK nanti dilakukan beberapa penyesuaian, diantaranya materi tes pada Tes Potensi Skolastik (TPS) disesuaikan dengan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil.

“Penyesuaian lainnya adalah berkaitan dengan jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan secara bersamaan, selain memilih lokasi tes pusat UTBK, peserta juga langsung memilih PTN dan Program Studi. Selain itu, peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes, yang pelaksanaan tesnya dibagi empat sesi setiap hari, kecuali hari jumat yang hanya dua sesi saja,” sebut M Nur.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unri Azhar Kasymi SH saat dijumpai redaksi unrinews, Selasa (26/6/2020), menjelaskan ada beberapa alur yang harus dilakukan calon peserta untuk mendaftar UTBK, diantaranya peserta mendaftar UTBK melalui laman portal.ltmpt.ac.id, peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing, dan peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra sebesar 150 ribu rupiah kecuali peserta yang sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapatkan nomor peserta.

“Setelah mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN dan memilih program studi, peserta mengupload portopolio (apabila disyaratkan oleh prodi), peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen, setelah simpan permanen peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN,” jelas Azhar.

Untuk lokasi UTBK ini, lanjut Azhar, akan dilaksanakan di 74  Pusat UTBK PTN yang lokasi dan tanggal tes dapat diakses lebih lanjut melalui website resmi LTMPT 2020, untuk lokasi ini peserta dianjurkan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing.

Azhar kembali mengingatkan kepada para calon peserta, agar dapat terus mengikuti perkembangan informasi secara lengkap dengan memantau laman resmi dan saluran-saluran informasi resmi dari LTMPT, melalui https://ltmpt.ac.id, helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id, email sekretariat@ltmpt.ac.id, media sosial (instagram, twitter, facebook) @ltmptofficial.