Teknik Mesin UR Juara Harapan 2 Lomba Rancang Bangun Mesin di UNLAM

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau (FT-UR) menempati peringkat kelima atau Juara Harapan II dalam Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin V – 2015 yang digelar di Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin, 7-8 Oktober 2015.

Menempati peringkat pertama hingga keempat dalam lomba yang digelar oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) bekerjasama dengan salah satu perusahaan software desain 3D terkemuka dunia Autodesk ini secara berurutan adalah Institut Teknologi Bandung, UNLAM,  Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Brawijaya.

Selain keempat pemenang diatas, terpilih sebagai 10 finalis antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Riau, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Indonesia, Universitas Lampung, dan Universitas Mataram. Tahun ini kompetisi mengambil tema “Alat Bantu Mekanisasi dan Pengolahan Hasil Pertanian“.

Jurusan Teknik Mesin FT-UR mengirimkan tim yang terdiri dari Darmansyah dan Gustiawan dengan karya “ Desain Alat Pemupuk Kelapa Sawit untuk Meningkatkan Efektifitas Pemupukan”.

Kompetisi memperhitungkan konstruksi desain, kerumitan desain, kemampuan penggunaan software CAD,  dan pemahaman ilmu teknik mesin. Dari situ akan dinilai material yang digunakan, tegangan yang terjadi, kekuatan alat, dan analisa tegangan.

Pihak penyelenggara menyarankan bagi tim yang terpilih masuk 10 besar untuk mengikuti kompetisi dengan skala lebih luas yakni Autodesk ASEAN Design Competition 2015. Oleh karena itu, tim mencoba mempersiapkan sejak dini dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.