VISI, MISI, TUJUAN & SASARAN Program Diploma Teknik Mesin

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Ahli Madya unggulan dalam pengembangan IPTEK di bidang Teknik Mesin yang mampu menghasilkan lulusan dengan keahlian profesional serta menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengacu pada nilai-nilai moral, kebudayaan, dan peradaban di Indonesia dan Riau khususnya pada tahun 2035

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan Tenaga Ahli Madya Teknik Mesin berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi.
2. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkaitan dengan Teknik Mesin melalui kegiatan penelitian.
3. Menerapkan Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Mesin ke masyarakat luas, baik melalui lulusannya, kemitraan dengan industri atau lembaga lain, maupun melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
4. Menghasilkan lulusan yang profesional yang mempunyai keahlian khusus di bidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan yang profesional berkeahlian teknologi terapan dalam bidang Teknik Mesin yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta memiliki komitmen untuk belajar sepanjang hayat.
2. Menghasilkan teknologi terapan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan pendidikan.
3. Memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui aktivitas edukatif, teknis, dan profesional guna mengembangkan penerapan teknologi dan memajukan kemandirian masyarakat.
4. Menerapkan manajemen modern yang akuntabel dan aksesibel dalam pengelolaan program studi.

Sasaran

1. Terwujudnya lulusan yang berkualitas yang sesuai dengan standar kompetensi PDTM yang mengacu kepada Standar Nasional pendidikan tinggi dan kompetensi khusus yang berkaitan dengan mesin-mesin produksi dan perawatan
2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang teknik mesin baik lokal maupun nasional.
3. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat
4. Terwujudnya tata kelola program studi yang profesional