Teknik Mesin UNRI Sukses Laksanakan International Conference on Design, Energy, Materials and Manufacture (ICDEMM-2021) Secara Daring

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Riau sukses selenggarakan International Conference on Design, Energy, Materials and Manufacture (ICDEMM-2021) secara daring pada Hari Rabu 4 Agustus 2021. Kegiatan yang mengangkat tema “Sustainable Engineering for Industrial Revolution 4.0 ini, dilaksanakan dengan bekerjasama dengan”. Seminar dengan skala internasional tersebut dihadiri oleh 86 peserta dari dalam dan luar negeri diantaranya berasal dari Malaysia, India, Korea Selatan dan Senegal. Adapun narasumber seminar adalah Assoc.Prof. Dr.Eng. Muhammad Aziz (Keynote speaker), Prof. Dr.-Ing. Ir. Hairul Abral (Invited speaker), Prof. Dr.Eng. Azridjal Aziz (Invited speaker), Dr.-Ing. Mohammad Adhitya (Invited speaker), Prof. I Dewa Gede Ary Subagia (Invited speaker) dan Dr.Ir. Fudhail bin Abdul Munir (Invited speaker).

Pada kegiatan tersebut, Feblil Huda selaku ketua panitia menyatakan bahwa seminar internasional ini merupakan kegiatan dua tahunan yang dlaksanakan secara bersama-sama dengan Teknik Mesin Universitas Udayana. Pelaksanaan seminar yang pertama diadakan pada tahun 2018 di Bali. Merebaknya pandemi covid -19 sejak awal tahun 2020, menjadikan kegiatan ICDEMM diundur pelaksanaanya menjadi tahun 2021.

Pada sesi pembicara utama, peserta tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Assoc.Prof. Dr.Eng. Muhammad Aziz terkait topic “Establishing a Sustainable and Clean Future Energy System”. Pembicara utama yang merupakan dosen di Universitas Tokyo ini menyampaikan mengenai potensi dan tantangan yang dihadapi dunia khususnya Indonesia terkait clean energi di masa depan. Selesai Tanya jawab dengan peserta, kegiatan seminar dilanjutkan dengan sesi parallel. Pada sesi ini, peserta dikelompokan berdasarkan topic paper yang akan dipresentasikan. Kegiatan ini tampak berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 17.45 wib.