Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau Laksanakan Kuliah Online secara Terintegrasi melalui aplikasi Zoom Meeting

Pandemi Covid-19 sudah mewabah di Indonesia hingga hampir dua tahun lamanya. Penyebaran virus covid-19 terjadi secara masiv dan menyebabkan korban meninggal hingga ribuan jiwa. Untuk menekan angka laju penyebaran covid-19 pemerintah mengambil kebijakan dengan membatasi semua kegiatan yang menyebakan terjadinya kerumunan. Sebagai gantinya pemerintah menyarankan agar kegiatan-kegiatan yang non esensial dapat dilakukan secara daring (online).

Universitas Riau (UNRI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang terkena dampak dari pandemi covid-19. Demi mendukung upaya pemerintah memerangi penyebaran virus ini, UNRI memutuskan untuk melakukan berbagai macam kegiatan akademik secara daring. Hal ini sejalan dengan SK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dalam melaksanakan kegiatan akademik secara daring, Rektor UNRI telah mengeluarkan surat edaran no 2/UN19/SE/2020 tentang langkah-langkah yang berkaitan dengan kegiatan akademik selama masa pandemic covid 19. Salah satu isi surat edaran tersebut adalah perkuliahan tatap muka digantikan dengan metode daring (dalam jaringan) melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan platform google class room, Learing Managemen System (LMS) lainya yang ada pada masing-masing program studi yang terdapat di Fakultas, atau media sosial lainya sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Menindaklanjuti Serat Edaran Rektor Universitas Riau, Jurusan Teknik Mesin sudah melakukan peralihan kuliah tatap muka menjadi kuliah daring. Semua dosen telah menjalankan perkuliahan daring dengan menggunakan berbagai platform seperti Google Class Room, Zoom Meeting, Google Meet dan media sosial lainya. Namun dalam pelaksanaanya perkuliahan secara daring tidak lah semudah yang dibayangkan, karena cukup banyak kendala yang dihadapi sehingga perkuliahan tidak bisa berjalan secara maksimal.

Untuk meminimalisir persoalan yang terjadi selama perkuliahan secara daring, maka Ketua Jurusan Teknik Mesin Feblil Huda, ST, MT, Ph.D mengambil kebijakan dengan melakukan kuliah daring secara terintegrasi. Perkuliahan terintegrasi dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi zoom meeting yang dibagi menjadi beberapa breakroom sehingga berfungsi sebagai ruang kelas virtual (room). Dengan banyak nya jumlah room virtual yang tersedia maka semua mata kuliah dapat melakukan pembelajaran dalam ruang kelas virtual sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Jurusan. Kelas virtual mulai diaktifkan dari pukul 07.30 hingga pukul 19.00 dan dikelola oleh 1 orang host dan 1 orang co-host. Hampir sama dengan pembelajaran offline, dimana jurusan memiliki beberapa ruang kelas yang dimasuki dosen dan mahaiswa sesuai dengan jadwal perkuliahannya. Apabila terjadi kendala selama perkuliahan berlangsung, maka host atau co-host dapat segera menyelesaikan kendala tersebut agar tidak menggaggu jalan nya perkuliahan. Pada gambar berikut terlihat cuplikan pelaksanaan kuliah terintegrasi menggunakan aplikasi Zoom dengan beberapa break room

Dalam pelaksanaan kuliah daring secara terintegrasi, ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh dosen dan jurusan Teknik Mesin. Salah satu nya adalah dosen pengampu mata kuliah tidak perlu lagi menyediakan aplikasi kuliah daring, karena aplikasi tersebut sudah disediakan oleh jurusan, sehingga dalam melaksanakan perkuliahan dosen tinggal bergabung dengan ruang kelas virtual yang sudah ada. Sedangkan bagi jurusan metode kuliah terintegrasi memberi kemudahan dalam mengontrol pelaksanaan perkuliahan. Hal itu karena Jurusan memiliki akses untuk memonitor semua kuliah yang sedang berlangsung, sehingga dengan mudah dapat diketahui mata kuliah apa saja yang telah melakukan perkuliahan tiap minggunya dan kuliah apa saja yang belum terlaksana.

Disamping itu, dalam pelaksanaan kuliah daring secara terintegrasi juga diikuti oleh sistem absensi terintegrasi dengan menggunakan google form. Untuk semua mata kuliah absensi mahasiswa diambil menggunakan satu link google form, begitu juga untuk dosen absensi dikelola menggunakan satu link google form. Kemudian semua absensi direkap dan dikelompokan oleh admin jurusan menjadi masing-masing mata kuliah setiap minggu nya. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan bagi jurusan karena tidak perlu lagi meminta data pelaksanaan perkuliahan kepada dosen pengampu. Di sisi lainya juga memberikan kemudahan bagi dosen pengampu mata kuliah, karena tidak perlu lagi mengambil absensi mahasiswa ketika kuliah sedang berlangsung, sehingga dosen dapat fokus menyampaikan materi kuliah yang sedang diajarkan.

Dengan adanya kuliah daring secara terintegrasi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi dosen dan jurusan dalam mengelola perkuliahan di masa pendemi. Besar harapan kita semua agar wabah virus corona segera berakhir sehingga semua kegiatan akademik di Universitas Riau dapat dilakukan secara tatap muka. Dengan demikian tugas kita sebagai pendidik calon penerus bangsa dapat dilaksanakan secara maksimal.