Tim Selais Teknik Mesin UNRi berlaga pada ajang Kontes Kapal Cepat Tak berawak Nasional (KKCTBN) 2022

Tim Selais adalah salah satu delegasi Universitas Riau yang menciptakan inovasi, edukasi dan kreatifitas penelitian teknologi kapal Salah satu tujuannya adalah pembuatan Perfomance Prototype yang dipilih adalah kapal cepat listrik tak berawak dengan sistem Kendali Jauh Electric Remote Control (ERC) guna meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni dibidang rancang bangun kapal melalui jalur akademis dengan teknologi terdepan dan terbarukan, serta meningkatkan teknologi kemaritiman khususnya dibidang perkapalan untuk menunjang pertahanan dan kedaulatan NKRI dari ancaman luar maupun dalam negara, sesuai dengan tema Kontes Kapal Cepat Tak berawak Nasional (KKCTBN) 2022 tahun ini yaitu “Inovasi Teknologi Perkalan Digital dan Augmented Reality untuk Mendukung Pertahanan Keamana Nasional” Tim Selais berusaha menyikapi dengan keadaan pandemi  dan ketegangan negar akibat perang saat ini sehingga dapat mendukung sebuah perkembangan dan penyelesaian di bidang perkapalan melalui KKCTBN.

Ditengah pendemi covid-19 yang masih berlangsung Indonesia tak berhenti untuk melakukan pengembangan digital. Pelaksanaan KKCTBN merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan yang diselengarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dalam hal pengembangan inovasi teknologi kemaritiman digital guna ikut andil dalam ide untuk mendukung kemandirian hankam yang sekarang ini sedang menjadi isu utama di negara kita.

Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari bidang-bidang ilmu terkait guna memberikan subangsih pemikiranya dibidang kemandirian hankam dilihat dari prespektif teknologi kemaritiman dan perkapalan. Oleh karena itu hal inilah yang menyebabkan diperlukan pengembangan teknologi di dalam bidang perkapalan militer. Salah satu pengembangan teknologi perkapalan adalah pengembangan riset kapal Remote Control (RC). Diperlukan suatu teknologi dimana kapal RC mampu memiliki kecepatan tinggi dan kelincahan dalam manuver. Kapal tersebut mampu menghindari rintangan-rintangan yang ada dan mampu menuju lokasi-lokasi tertentu sesuai dengan wahana yang dihadapi dalam proses eksplorasi maupun exploitasi dalam memanfaatkan potensi yang ada.

Pertama kalinya setelah tiga tahun terakhir mengikuti kompetisi hanya secara daring, Tim Selais Teknik Mesin UNRI berlaga mengirimkan satu tim pada kategori High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran dengan daya Electric Remote Control (ERC) pada ajang KKCTBN. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 15 November 2022 bertempat di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Dari ratusan tim yang mendaftar KKCTBN tahun ini yang dinyatakan lolos seleksi desain abstrak sebanyak 23 tim untuk kategori Lomba Pembuatan dan Performa Protoype Kapal High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran dengan daya Electric Remote Control (ERC). Dari 23 tim ini kemudian diseleksi lagi dan 22 tim yang dinyatakan sebagai finalis, dari jumlah keseluruhan 155 tim atau 575 peserta finalis yang berlaga secara langsung dilokasi.  Dengan tekad yang kuat penuh dari pimpinan dan civitas akademika, Tim Selais selalu berusaha mempersembahkan prestasi terbaik.

 

Penulis: Zulfadli Afbas

Editor: Rio Eza Hananda